Rabu, 07 Januari 2009

agar kulit tetap sehat

agar kulit tetap sehat
Agar kulit tetap sehat, sangat perlu dilakukan perawatan dari dalam. Banyak minum air putih adalah salah satu langkah yang paling mudah untuk memulainya. Sekitar 70% kulit terdiri dari air. Oleh karena itu minumlah air putih sediitnya delapan gelas sehari. Jika Anda memiliki aktivitas harian yang vbertambah, maka Anda juga harus lebih banyak minum.

Asupan gizi juga perlu diperhatikan. Kulit mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan unsur-unsur mineral. Orang yang sedang menjalani diet salah satu unsur makanan tertentu akan mengganggu keseimbangan gizi yang nantinya kan berdampak pada kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam.

Lakukan perawatan kulit dengan benar. Anda dapat membersihkan wajah dengan benar. Kuantitas pembersihannya tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Jika Anda tidak terlalu banyak berkeringat atau terkena cukup banyak debu, mencuci wajah sebanyak dua kali sehari sudah cukup dilakukan. Sekali pada pagi hari dan sebelum tidur. Jangan mencuci wajah secara berlebihan karena dapat merusak lapisan lemak pelindung yang terdapat pada permukaan kulit, sehingga membuat kulit wajah menjadi kering. Maksimum lima kali dalam sehari. Sabun yang digunakan untuk mencuci juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Sabun yang mengandung basa akan menetralisir kulit pH kulit sehingga kulit menjadi kering dan rusak. Hal ini disebabkan karena kulit kita sebenarnya adalah asam, dan memiliki pH normal sebesar 5,5.

Jaga kulit dari sengatan sinar matahari, terutama di antara jam 08.00 hingga 16.00 yang banyak mengandung UV. Namun sesungguhnya kita tidak benar-benar aman dari sinar UV, karena sinar UV dapat dipantulkan ke tanah atau jalanan. Di dalam rumahpun, sinar UV dapat masuk melalui jendela atau pintu. Oleh karena itu, gunakanlah sun cream setiap hari, bahken ketika Anda sedang di dalam rumah sekalipun.

Saat asupan gizi kurang baik dan populasi sangat tinggi, kita memerlukan ekstra antioksidan untuk kulit. Antioksidan dapat diperoleh dengan cara diminum, atau dioleskan. Vitamin A, C, E, dan selenium merupakan antioksidan yang dapat enahan laju proses penuaan. Vitamin A dapat membantu pembentukkan kolagen dan memperbaiki tekstur kulit. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen, dan membantu pembentukkan elastin. Vitamin E bekerja sama dengan vitamin Auntuk memberikan perlindungan dan memperlambat penuaan sel kulit. Mineral seperti selenium dapat membantu menghanmbat oksidasi lemak, melindungi kulit dari kerusakkan akibat sinar UV, serta melindungi sistem kekebalan. Seng dan betakaroten merupakan antioksidan lain yang dapat membantu perawatan kulit. Betakaroten dapat meningkatkan asupan oksigen dalam kulit. Seng dapat merangsang pembentukkan sel kulit yang baru.

1 komentar:

Blogger mengatakan...

New Diet Taps into Innovative Idea to Help Dieters Get Rid Of 20 Pounds in Just 21 Days!

Bookmarks